portal teater...


Cilay Ensemble Masuk Masuk Nominasi Vox Pop Awards di AS

 

Portal Teater – Cilay Ensemble, sebuah grup musik berbasis Jakarta, baru saja dinobatkan menjadi salah satu nominator dalam ajang kompetisi bergengsi Vox Pop Independent Music Awards di Amerika Serikat. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 23 April mendatang.

Direktur Eksekutif The Independent Music Awards Martin Folkman dalam sebuah pernyataan pers pekan lalu mengatakan, lagu Cilay Ensmble berjudul Muaro dinominasikan dalam kategori World Beat Song dan kini menuju final penjurian.

“Jadi, sumbangkan gabus sampanye dan bersenang-senanglah dalam kehormatan yang layak Anda dapatkan, sementara kami mempromosikan pencapaian Anda ke jaringan seniman, penggemar, dan influencer kami,” katanya, melansir kiriman WhatsApp Direktur Cilay Ensemble Mohamad Ichlas, Jumat (10/4).

Martin menuturkan, manajemen penghargaan saat ini telah mendistribusikan siaran pers ke ribuan outlet berita, pembeli bakat musik, label rekaman, manajer, pemrogram radio dan pembuat selera industri lainnya di seluruh dunia.

“Dan kami telah mengisi Nominee Toolkit Anda dengan materi promo yang dapat disesuaikan yang dapat Anda gunakan untuk penjangkauan pers dan sosial Anda sendiri untuk memobilisasi penggemar Anda dan membantu Anda menjadi Vox Pop Winner,” imbuhnya.

Martin menambahkan, meskipun pandemi virus Corona telah mengubah banyak rencana untuk upacara Independent Music Awards ke-18 tahun ini, namun pihaknya tetap berkomitmen untuk menghormati penayangan seniman indie terbaik tahun 2020.

Sementara itu, untuk jadwal pengumuman baru akan dirilis pada hari-hari mendatang karena manajemen Independent Music Awards merencanakan perayaan online untuk menghormati pemenang tahun ini dalam 140+ kategori Musik, Video dan Desain.

“Kami berharap bahwa pengakuan atas bakat luar biasa Anda ini adalah balsem di masa-masa penuh tekanan ini,” ungkap Martin.

Cilay Ensemble berbasis Jakarta. -Dok. ethnocloud.com
Cilay Ensemble berbasis Jakarta. -Dok. ethnocloud.com

Vote Sejak 2019

Secara terpisah, Mohamad Ichlas mengungkapkan bahwa proses penyeleksian penghargaan bergengsi ini sudah dimulai sejak November-Desember tahun lalu.

Masuknya Cilay Ensemble ke penyeleksian tersebut ini diawali dari tawaran dari Panitia Vox Pop Independent Music Awards AS melalui surat elektronik akhir tahun lalu yang langsung diterima manajemen Cilay Ensmble.

Cilay, begitu sapaan Mohamad Ichlas, menerangkan bahwa kiriman surat elektronik kepada pihaknya lantaran panitia penyelenggara telah mendapatkan informasi tentang grup ini saat mereka bermain di Chicago, AS, pada November 2019 silam.

“Semenjak itu kita mulai cari dukunganvote,” kata putra sulung maestro penari Minangkabau Huriah Adam, Minggu (12/4).

Adapun tautan yang dikirim ke berbagai rekanan dan penggemar adalah https://fans.independentmusicawards.com/artists/cilay-ensemble/?aff=lOYoE9UaadwycIC dan melalui akun media sosialnya: FB:mohamadichlas, Linkedin: cilayensemble, Instagram 1: @cilayensemble, @ichlasmohamad.

Pria kelahiran Padang Panjang, Sumatra Barat, itu menjelaskan betapa persaingan untuk penghargaan musik ini sangat ketat. Untuk genre World Beat, kata dia, ada 47 buah band pesaing dari berbagai macam negara.

Sementara untuk jumlah keseluruhan genre, ada sekitar 30 genre musik yang dilombakan dalam ajang ini. jadi mungkin sekitar ada 400 sampai 600 grup band mengikuti kompetisi tersebut dengan beragam video musiknya.

“Untuk menghadapi awards ini kami sudah punya rekamannya yang kami rekam tahun 2014 dan lagu ini yang saya ajukan dalam perebutan awards ini,” kata Cilay.

Ia mengaku amat berbagga karena meskipun bukan grup band besar dan terkenal, tapi mampu menembus jagad musik dunia. Ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi luar biasa yang dapat digarap untuk terus berkembang di masa depan.

Dalam kompetisi ini, Cilay Ensemble memadukan materi musik etnik dengan musik modern. Ada 14 pemain dalam lagu Muaro yang diikutsertakan dalam kompetisi ini.

Lagu Muaro berasal dari dalam bahasa Minangkabau yang berarti Muara atau tempat bertemunya seluruh aliran sungai ke laut.

Cilay sendiri mendirikan Cilay Ensmble pada 1987 bersamaan dengan pendirian Cilya Dance Theatre. Kedua ekosistem seni ini berbasis di Jl. Nuri, Bukit Duri, Jakarta 12840.

Berbagai event musik dan tari telah diikuti kedua kelompok seni yang didirikanya, baik dalam maupun luar negeri.

Terakhir kali, Cilay Ensemble mengikuti World Music Fest di Vietnam (2010). Sementara Cilay Dance Theatre terakhir mengikuti Super Dance Fest di St. Petersburg, Rusia.*

Komentar